5 Jenis Penyakit yang Dapat Dideteksi dari Lidah

5 Jenis Penyakit yang Dapat Dideteksi dari Lidah
Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana seorang dokter melakukan pemeriksan awal terhadap penyakit pasiennya? Ya, selain bagian bawah mata dan mulut, lidah seringkali menjadi bagian tubuh yang tidak luput diperiksa, karena beberapa jenis penyakit dapat dideteksi dari lidah, terutama warna dan bentuknya.
Lidah yang sehat warnanya agak merah muda dan terlindungi oleh nodul-nodul kecil (papila) serta memiliki banyak syaraf yang berperan sebagai pendeteksi dan pengirim sinyal rasa ke otak. Otak menerjemahkannya ke dalam rasa manis, pahit, pedas, dan manis, serta lainnya. Fungsi indera pengecap ini dapat menghilang saat Anda mengalami kelainan atau penyakit. Penyakit apa sajakah itu? Berikut 5 di antaranya.

1. Kolesterol Tinggi dan Jantung
Jika melihat bagian lidah sedikit berwarna ungu, ini bisa menjadi indikasi Anda menderita kolesterol tinggi dan masalah jantung sehingga menyebabkan peredaran drah tidak lancar. Penyebabnya stres kronis atau nyeri pad tubuh.

2. Gangguan Pencernaan dan Gizi Buruk
Terdapat lapisan putih yang tebal pada lidah yang juga berubah warna menjadi kelabu. Pengaturan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang membantu mengatasi masalah ini.

3. Demam dan Dehidrasi
Jika warna lidah Anda sedikit berwarna kuning, ini menunjukkan gejala demam, dehidrasi dan masalah pernapasan. Segera penuhi asupan cairan Anda, terutama mengandung elektrolit dan ion alami seperti air kelapa muda.

4. Kelelahan dan Flu Berat
Jika lidah Anda berwarna putih dan membentuk lekukan, hal ini mengindikasikan gejala kelelahan dan flu berat sehinga menimbulkan kehilangan semangat, daya ingat menurun, dan mudah merasa kedinginan.

5. Kekurangan Zat Besi
Umumnya lidah tampak sedikit kasar karena papila. Jika berubah lembut dan pucat, Anda harus memeriksanya karena ini menunjukkan gejala tubuh keku¬rangan nutrisi, terutama zat besi dan vitamin B.

Pemeriksaan lidah dapat Anda lakukan di rumah dengan menjulurkan lidah secara rileks, jangan tegang. Terutama di pagi hari, saat mulut belum dilewati makanan. Lima jenis penyakit yang dapat dideteksi dari lidah tersebut tidak selalu 100% akurat, karena kondisi lidah pun dapat dipengaruhi oleh kontaminasi bakteri atau luka saat makan. Tapi, tak ada salahnya Anda mencoba sendiri periksa bentuk dan warna lidah di depan cermin besok pagi.
.
Baca juga artikel "Wisata Muara Kintap"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Penyakit yang Dapat Dideteksi dari Lidah"

Posting Komentar