Hobi Hiking? Ikuti Terus 5 Tips Pilih Sandal Gunung yang Cocok Ini

Hobi Hiking? Ikuti Terus 5 Tips Pilih Sandal Gunung yang Cocok Ini

Setiap orang pasti punya hobi. Jika Anda hobi traveling, khususnya hiking, maka banyak hal harus disiapkan. Saat akan melakukan hiking, sandal gunung perlu disiapkan sebagai alas kaki ketika akan melewati medan basah, sungai, ataupun praktis digunakan ketika akan mendirikan tenda. Gunakanlah 5 tips ini untuk mendapatkan sandal yang sesuai.

1.    Menyesuaikan Sandal dengan Ukuran Kaki
Medan yang ditempuh ketika melakukan pendakian tidaklah mulus. Banyak medan yang ekstrim, seperti bebatuan terjal, medan berlumpur, tanah yang becek, dan sebagainya. Mengingat medan yang seperti itu, maka Anda membutuhkan alas kaki yang tepat untuk melindungi kaki dan menjaga keseimbangan tubuh agar tidak tergelincir ataupun terjatuh.

Sandal untuk pendakian didesain khusus dengan bentuknya yang bertali agar kuat ketika dikenakan. Selain itu, alas sandal dibuat kasar agar tidak licin ketika digunakan. Bentuk sandal khusus ini tersedia dalam berbagai model dan Anda bisa menemukannya di pertokoan ataupun toko online.

Agar sandal aman dikenakan, maka sesuaikan bentuk sandal dengan ukuran kaki. Pilih sandal yang pas dengan ukuran kaki. Jika terlalu besar, maka sandal akan mudah lepas, sebaliknya jika terlalu sempit, maka akan menyebabkan kaki lecet. Dengan ukuran yang pas, diharapkan kaki Anda dapat terlindungi dan tidak tergelincir di medan hiking.

2.    Memilih Bahan Sandal yang Nyaman
Bahan sandal untuk hiking ini berbeda dari sandal pada umumnya, yaitu menggunakan bahan yang kuat dan fleksibel. Sandal ini terbuat dari 100% bahan asetat serta bahan polyester dan webbing, sehingga menjadikan sandal hiking ini mempunyai kekuatan yang dapat diandalkan. Inilah keunggulannya dan mengapa Anda harus mengenakannya ketika mendaki.

3.    Memilih Jahitan Sandal yang Kuat
Alas kaki merupakan salah satu perlengkapan penting yang dibutuhkan ketika mendaki. Sandal hiking sangat diperlukan ketika melewati sungai ataupun ketika sudah sampai di puncak agar kaki lebih nyaman. Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap menggunakan sepatu gunung ketika melewati medan terjal, seperti bebatuan dan tanah becek.

Kedua jenis alas kaki tersebut harus punya kualitas yang baik. Anda harus memperhatikan kualitas sandal hiking juga. Jangan meremehkan walaupun hanya berupa sandal. Pilihlah sandal dengan jahitan yang kuat ketika akan membelinya. Cermatilah jahitannya di setiap sisi sandal dan pastikan jahitannya kuat agar bisa kokoh ketika digunakan untuk mendaki.

4.    Memperhatikan Alas Sandal
Alas sandal merupakan bagian penting dan harus diperhatikan. Jangan lewatkan untuk memeriksa bagian alasnya karena apabila salah pilih akan menyebabkan sandal licin ketika dikenakan. Untuk itu, pilihlah alas sandal yang keras agar ketika digunakan untuk berpijak, beban tubuh tidak memantul pada tumpuan kaki di sandal.

Selain itu, pilihlah sandal dengan grip menghadap ke arah belakang untuk sandal bagian depan, sedangkan grip menghadap ke depan untuk sandal bagian belakang. Tersedianya grip ini untuk membantu melewati medan hiking. Tekan bagian depan sandal ketika jalanan naik untuk mencengkeram grip bagian depan. Ketika jalan licin, tekan grip bagian belakang.

5.    Memperhatikan Model Sandal
Sandal khusus ini juga mempunyai berbagai macam model untuk memberikan kesempatan bagi Anda untuk tetap tampil trendy. Pilih saja model yang paling sesuai dengan selera apakah ingin memilih sandal jepit biasa, sandal dengan tali sampai mata kaki, dll. Sandal Eiger bisa jadi pilihan dengan aneka modelnya yang menarik.

Serangkaian tips memilih sandal untuk keperluan hiking tersebut perlu dilakukan agar tak salah pilih. Perlengkapan alas kaki yang kuat dan aman sangat penting untuk menjaga keselamatan. Usahakan mendapatkan alas kaki yang nyaman. Untuk perjalanan utama, tetap gunakan sepatu gunung agar kaki lebih aman ketika melewati medan pendakian yang terjal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hobi Hiking? Ikuti Terus 5 Tips Pilih Sandal Gunung yang Cocok Ini"

Posting Komentar